Jumat, 22 Agustus 2014

7 Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

Makanan merupakan faktor penting yang mendukung salah satu kesehatan tubuh, apalagi anda mempunyai penyakit jantung koroner. Sudah dikatakan bahwa penyakit ini masuk ke dalam kategori mematikan dan berbahaya , Untuk itu untuk meminimalisir resiko yang berkelanjutan ada baiknya kita melakukan pencegahan dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan teratur salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi 7 Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner .

makanan sehat untuk jantung

1.Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk salah satu makanan sehat untuk jantung. Kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Asam lemak tak jenuh mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh nadi dan menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu sakit jantung.

2.Sayur Bayam
Bayam memiliki kandungan bernama betaine yang baik untuk kesehatan jantung. Bila anda tidak suka dengan sayur bayam, anda dapat menggantinya dengan sayuran lain. Mengkonsumi dua jenis sayuran setiap hari akan memperkecil risiko penyakit jantung hingga 25%.

3.Ikan

Ikan adalah sumber Omega-3 Asam Lemak yang melindungi jantung Anda dengan mengurangi peradangan dan risiko pembekuan darah. Lemak ini juga bekerja untuk menjaga kadar kolesterol sehat.Makan Salmon atau ikan berminyak seperti Samudra Tuna, Sarden, atau Herring setidaknya dua kali seminggu untuk kesehatan jantung. Cobalah Steaks Salmon panggang dengan sayuran hijau dan salad dengan taburan jus lemon.  Minyak ikan seperti ikan sarden merupakan sumber yang sangat baik dari Omega-3 dan Makan sarden berserta tulangnya merupakan sumber yang kaya akan mineral.

4.Teh Hijau

Teh hijau memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding dengan teh hitam atau teh olong dan sangat mudah untuk penyajiannya. Meski begitu ketiga the di atas menandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E dan flavonoid (senyawa organik yang mampu melarutkan karsinogen dan melawan sel kanker) .

5.Pepaya

Buah ini mengandung banyak enzim yang berguna untuk pencernaan dan potasium yang merupakan nutrisi jantung. Potongan pepaya ukuran sedang akan mengandung kadar potasium 781mg dibanding pisang ukuran sedang yang hanya 371mg.

6.Oatmeal

Serat larut dalam oatmeal ini mampu menurukan kadar LDL dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Oat ini juga merupakan sumber protein , kalsium, besi, magnesium, seng, thiamin, folacin dan vitamin E dibanding makanan biji jenis lain.

7.Ubi Jalar

Makin beragam warna sayuran yang kita konsumsin maka makin baik. Ubi jalar ini mengandung antioksidan karoten yang melindungi jantung dari serangan radikal bebas.

Itulah penjelasan mengenai 7 Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner yang kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa menambah wawasan anda didalam dunia kesehatan .

0 komentar:

Posting Komentar